Nama Bung Karno diabadikan di 5 Negara

Posted by Unknown Senin, 06 Agustus 2012 0 komentar
Bung Soekarno Presiden pertama Republik Indonesia dikenal di belahan dunia, kepiawaiannya dalam memainkan politik internasional menjadi spirit bagi negara-negara Asia dan Afrika di waktu itu untuk merdeka. Kawan lawan pun segan oleh pandangan beliau. Banyak pujian dan anugerah disematkan pada Bung Sukarno ke dalam berbagai manifestasi.

1. Rusia
Mesjid Biru Soekarno di St.Petersburgh



Di negeri Uni Soviet yang sering disebut negeri komunis, Bung Karno sangat dikenal dengan baik. Semua berawal ketika sang presiden pada tahun 1955 silam, berkunjung ke kota terbesar kedua di Russia ini. Ketika itu Soekarno sedang menikmati indahnya kota St. Petersburg yang didirikan pada abad 17 oleh Peter the Great. Soekarno melihat sebuah bangunan yang unik dan tidak ada duanya, yang kelak diketahuinya sebagai Mesjid yang dijadikan gudang senjata. Saat itu masih bernama Leningrad, Soekarno terbang ke Moskow untuk melakukan pembicaraan membahas masa depan kerja sama bilateral dan Perang Dingin yang semakin panas.

Dalam pertemuan itulah Soekarno melontarkan kekecewaannya pada penguasa tirai besi Soviet Nikita Kruschev, perihal mesjid indah yang dilihatnya. Seminggu setelah kunjungan usai. Sebuah kabar gembira datang dari pusat kekuasaan, Kremlin di Moskow. Seorang petinggi pemerintah setempat mengabarkan bahwa satu-satunya masjid di Leningrad yang telah menjadi gudang pasca revolusi Bolshevic tersebut bisa dibuka lagi untuk beribadah umat Islam, tanpa persyaratan apapun. Sang penyampai pesan juga tidak memberikan alasan secuilpun mengapa itu semua bisa terjadi. Tetapi, umat muslim hingga saat ini sangat berterima kasih dan meyakini bahwa Soekarno orang dibalik semua ini. Maka tak heran jika muslim di St. Petersburg menjuluki mesjid ini dengan Mesjid Biru Sukarno.


2. Mesir
Jalan Ahmad Soekarno



Bung Karno tercatat enam kali menggunjungi negeri firaun ini. Persahabatannya dengan Nasser dan aktifitas keduanya sebagai pemrakarsa di Konferensi Asia-Afrika membuat nama Presiden Soekarno sangat dikenal di pemerintah dan rakyat Mesir, nama Bung Karno pun diabadikan sebagai nama jalan di Mesir. Daerah Kit-Kat Agouza Geiza yang letaknya bersebelahan dengan Jalan Sudan.

3. Maroko
Jalan Soekarno



Nama jalannya pada waktu itu adalah ‘sharia Al-Rais Ahmed Sukarno’ dan sekarang terkenal dengan nama Rue Suokarno. Jalan dekat dengan kantor pos pusat Maroko. Karena Bung Soekarno adalah pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955. Maka nama tersebut dipilih sebagai penghargaan terhadap Presiden Soekarno. Seperti diketahui, hasil KAA saat ini mulai dirasakan oleh negara-negara lain yang menjadi peserta, termasuk Maroko sendiri. Sebagai bentuk persahabatan dua bangsa, di Jakarta pun kita temui ruas jalan dengan nama Jalan Casablanca.

4. Pakistan
Jalan Soekarno



Di negara ini bahkan ada dua tempat di Pakistan yang dinamai dengan Soekarno, yaitu Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore. Pakistan sangat segan dengan sosok Bung Karno, Bung Karno pernah mengirim TNI AL berpatroli di laut selatan Pakistan saat konflik memanas Pakistan VS India 1965. Pendiri Pakistan Quaid Azzam Ali Jinnah pun pernah meminta menahan pesawat Belanda yang singgah di Pakistan 1947, ketika Belanda ingin menyerang Indonesia.

5. Kuba
Perangko Soekarno




Pada tahun 2008 lalu, pemerintah Kuba menerbitkan perangko seri Bung Karno dengan Fidel Castro dan Che Guevara salah seorang pemimpin gerilya Kuba. Perangko itu diterbitkan untuk mengenang hubungan diplomatik kedua negara berkenaan dengan perayaan HUT ke-80 Fidel Castro.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Nama Bung Karno diabadikan di 5 Negara
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://terkacau.blogspot.com/2012/08/nama-bung-karno-diabadikan-di-5-negara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Hal aneh lucu dan kacau atau info dunia kesehatan.

Kontributor