4 Efek Buruk Curhat

Posted by Moch Safii Jumat, 03 Agustus 2012 0 komentar

Kamu pasti sering menghabiskan waktu dengan kawan-kawan gadis sambil makan malam ataupun minum kopi bersama. Obrolan yang dilakukan pun seputar ketidak puasan atau masalah diri, masalah percintaan, menggosip, dan sebagainya.

Tapi berhati-hatilah, adakalanya curhat tentang masalah kamu kepada kawan tidak selalu bisa mengurangi bebanmu, tapi juga bisa membahayakan dirimu sendiri. Dilansir oleh idiva, berikut beberapa hal yang membuat curhat kepada kawan yang bisa berbalik menjadi bumerang bagi kamu.


1. Ketenangan Sesaat
Ketika kita ada masalah, kebanyakan kita akan pergi mencari kawan untuk mencurahkan isi hati. Ketika kamu berbagi kekhawatiran dengan mereka, kamu akan cenderung merasa dekat dan ikatan intim ini membangun rasa percaya diri. Karena sebagian besar curhat akan membuat kita merasa lebih baik.

Hal ini terjadi karena ketika gadis membicarakan suatu masalah, maka tubuh akan memicu reaksi kimia di otak yang reaksinya mirip dengan efek mengkonsumsi heroin until fly. Perasaan di hati akan menjadi lebih baik setelah kita mendapatkan dukungan dari seorang teman.

Mungkin menuangkan isi hati kamu ketika tertekan kepada kawan akan tampak seperti hal yang wajar untuk dilakukan tetapi ini bukanlah cara yang bijak, karena hal itu akan membuat kamu terus senang bercerita dan membongkar semua tentang diri kamu. Dimana hal tersebut belum tentu ingin didengar oleh kawan kamu.

2. Masalah Membesar
Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Missouri, kecenderungan gadis curhat secara terus-menerus, akan membuat masalah menjadi besar. Hal ini disebabkan karena rasa khawatir membuat mereka terjebak dalam pikiran yang  negatif, kemudian muncul perasaan panik, depresi dan bahkan stres. Dalam kasus tertentu dapat berubah menjadi kecemasan emosional yang tidak sehat.

3. Tidak Pernah Puas
Saat seorang gadis membicarakan masalah mereka, sulit untuk menempatkan dua sudut pkamung masalah secara bersamaan. Efek jeleknya yaitu, kamu bisa membuat kawanmu menjadi tidak nyaman. Ada seorang profesional media namanya Neeha Pathak, setuju dengan hal itu, Dia berkata begini "Saya biasanya melakukan curhat kepada 2 kawan dekat saya. Dan saya perhatikan terkadang saya merasa lebih buruk setelah berbicara dengan mereka tentang masalah pribadi saya".

Ketika kamu berbicara tentang masalah, ada kecenderungan menganalisa situasi secara berlebihan dan meminta teman-teman yang berbeda memberikan saran untuk masalah yang sama, yang sewaktu-waktu bisa membuat kamu merasa cemas yang berlebihan. Saran dari 1 teman saja tidak akan memuaskan kamu. Selama proses inilah, kamu akan selalu berbicara tentang masalahmu itu.

4. Menular
Fenomena ini sangat umum di antara gadis, psikolog menyebutnya 'penularan emosi perilaku' atau 'kecemasan menular' dimana pikiran-pikiran negatif seseorang dapat mempengaruhi suasana hati orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terus-menerus berhubungan dengan orang yang depresi, maka akan cenderung ikutan depresi. Sementara para lelaki berpikir, curhat hanya akan memperbesar masalah sehingga mereka memilih melakukan suatu kegiatan untuk mengalihkan pikiran mereka
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 4 Efek Buruk Curhat
Ditulis oleh Moch Safii
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://terkacau.blogspot.com/2012/08/4-efek-buruk-curhat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Hal aneh lucu dan kacau atau info dunia kesehatan.