Fenomena Mini Market di Indonesia

Posted by Unknown Senin, 07 Oktober 2013 0 komentar
Banyak toko toko kecil dan warung yang bangkrut karena kehadiran mereka (Indomaret dan Alfamart). Pertanyaanya? Dimanakah otak waras para pemimpin di negeri ini bekerja? Dimanakah keberpihakan para wakil rakyat kepada pedagang kecil di pasar pasar tradisional, sehingga dengan mudah mereka bisa seenak jidat mengeluarkan izin rekomendasi pembangunan usaha waralaba melalui departemen terkait?

3374133_20130825124626.jpg
Sebuah keadaan yang sangat memprihatinkan bagi para pedagang kecil di pasar tradisional, kegelisahan mereka para pedagang bermodal pas pasan bisa kita maklumi tatkala mereka berhadapan secara head to head dengan pemilik toko dengan fasilitas dan barang yang lebih besar.

Di Indonesia khususnya di Pulau Jawa bahkan mungkin hampir di seluruh pelosok tanah air kita akan dengan mudah menemukan yang namanya Indomaret dan Alfamart. Kedua mini market ini seolah pasangan sejoli yang tidak bisa dipisahkan, dimana keduanya senantiasa hidup berdampingan bak romeo dan juliet.


demo-indomart

Keberadaan dua toko waralaba tersebut benar benar sudah mengkhawatirkan, mereka bertebaran dimana mana hingga ke kampung kampung di seluruh pelosok tanah air. Ironisnya lagi, pemerintah yang dalam hal ini adalah Memperindag seolah olah tidak peduli dengan nasib pedagang kecil dengan terus menerus mengeluarkan izin pendirian mini market tanpa pertimbangan.

Di daerah ane sendiri yang namanya Indomart dan Alfamart bertebaran di hampir seluruh pelosok desa dan kecamatan. Bahkan banyak juga di beberapa kecamatan yang jumlah tokonya bisa lebih dari 10 toko.

Yang lebih gila lagi, di daerah ane terdapat beberapa toko bernama alfamart yang keduanya saling berdepan depanan, inikan sinting namanya. Belum lagi seterunya Indomaret yang juga hanya berjarak puluhan meter saja.

indomart-vs-alfamart

Parahnya lagi keberadaan dua toko tersebut sangat dekat bahkan berhadapan langsung dengan pasar pasar tradisional, selain itu banyak juga toko yang dengan sengaja dibangun untuk menjegal para pembeli masuk pasar tradisional.

Ini keterlaluan namanya, bukankah dalam beberapa peraturan disebutkan bahwa minimarket dibangun harus jauh dari pasar tradisional?

demo-pasar-tradisional

Pada beberapa kasus banyak kontra dan perisitiwa yang terjadi berkaitan dengan persoalan pembangunan mini market. Di beberapa daerah sering terjadi aksi demonstrasi dan pengrusakan mini market oleh masyarakat yang dianggap membunuh usaha rakyat kecil.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Fenomena Mini Market di Indonesia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://terkacau.blogspot.com/2013/10/fenomena-mini-market-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Hal aneh lucu dan kacau atau info dunia kesehatan.