Telapak Berkeringat Apakah Penyakit Jantung?

Posted by Unknown Sabtu, 17 November 2012 0 komentar
Sebagian orang ada merasa bahwa telapak tangan dan telapak kaki nya sering berkeringat. Walaupun pada suhu yang normal dan tidak merasa kegerahan. Orang-orang bilang itu adalah tanda adanya penyakit pada jantung. Benarkah? Ini adalah jawaban dari seorang dokter, dr. Janfrional.

Belum tentu gejala telapak tangan dan telapak kaki yang sering berkeringat itu berasal dari adanya gangguan pada organ jantung. Produksi keringat yang berlebihan dalam istilah medis disebut sebagai “hyperhidrosis”. Biasanya kondisi hyperhidrosis dimulai saat dewasa muda atau remaja. Hyperhidrosis memang dapat disebabkan oleh penyakit secara fisik, atau bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis (kecemasan / kepanikan). Kondisi ini dapat terjadi pada selurah area permukaan tubuh maupun hanya di sebagian area tubuh saja seperti pada telapak tangan, telapak kaki, atau lipat ketiak.

Faktor gangguan secara fisik yang dapat menyebabkan hyperhidrosis contohnya adalah:
- terdapatnya kelenjar keringat yang berlebihan
- penyakit gangguan hormon (diabetes mellitus, gangguan pembentukan hormon thyroid, keadaan menopause)
- penyakit infeksi (Tuberculosis)
- penggunaan obat-obatan tertentu
- konsumsi alkohol.

dr. JanfrionalUntuk pengobatan dan penanganan kondisi hyperhidrosis, perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya, apakah semata-mata karena faktor psikologis saja, atau terdapat gangguan secara fisik yang mendasarinya. Setelah itu baru diberikan pengobatan atau terapi yang sesuai dengan faktor penyebabnya. Untuk itu pemeriksaan lengkap oleh dokter mutlak diperlukan.

Apabila kondisi ini dirasakan cukup mengganggu dan berat, saya sarankan agar diperiksakan ke dokter.
Semoga membantu.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Telapak Berkeringat Apakah Penyakit Jantung?
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://terkacau.blogspot.com/2012/11/telapak-berkeringat-apakah-penyakit.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Hal aneh lucu dan kacau atau info dunia kesehatan.

Kontributor